Sabtu, 28 November 2009

CARA-CARA PRAKTIS MEMBACA KITAB : PENGUASAAN Nahwu, Shorof, I’lal, dan Qa’idah-Qa’idahnya.





Contoh:

جَاءَ زَيْدٌ

1.
زَيْدٌ kalimat apa ? Kalimat Isim.

2. Apakah tanda / alamat Isimnya?
Tanwim.

3. Apakah 'irobnya ?
Rafa’

4. Kenapa ?
Kerana menjadi fa’il dari fi’il
جَاءَ.

5. Apa ‘alamat i'robnya ?
Dhommah.

6. Kenapa?
Kerana Isim Mufrad.

7. Jika boleh di tashrif, maka harus di tashrif ,
زَادَ يَزِيْدُ زَيْدًا

8. Kemudian bina’nya apa ?
Ajwaf Ya’ i.

9. Ikut wazan apa dan muthobaqah-muthobaqahnya?

فَعَلَ – يَفْعِلُ – فَعْلاً / فَعْالَةً الخ – سَارَ – يَسِيْرُ – سَيْرًا الخ.

سَارَ asalnya
سَيَرَ mengikut wazan فَعَلَ ya’ nya diganti alif kerana ia berharokat dan huruf sebelumnya berharokat fathah. (berdasarkan qa’idah : Tentang mengantikan wawu dan ya’ dengan alif apabila ada wawu dan ya’ berharokat dan huruf sebelumnya berharokat fathah, maka wawu atau ya’ itu harus di ganti alif.)

10. Jika terkena I’lal, maka harus di I’lal?

زَادَ أَصْلُهُ زَيَدَ عَلَى وَزْنِ فَعَلَ قُلِبَتْ اليَاءُ أَلِفًا لِتَحَرُّكِهَا وَانْفِتَاحِ مَا قَبْلَهَا فَصَارَ زَادَ


11. Kemudian di sempurnakan dengan Qa’idah daripada matan al-Alifiyyah Ibn
Malik, Halaman 215 فصل في اجتماع الواوِ والياء إلخ.

مِنْ وَاوٍ أَوْ يَاءٍ بِتَحْرِيْكٍ أُصِلْ أَلِفًا ابْدِلْ بَعْدَ فَتْحٍ مُتَّصِلْ

6 komentar:

  1. Assalamu'alaykum,
    Jazakalloh atas postinganx ustadz, jdi lgkap peta alur baca kitabx....
    Afwan, saya lgi cari refrensi kitab yg membahas ttg hukum qiyasi, syadz, nadhir, & dhoif pd ilmu tashrif.
    Ustadz taw kitab apa yg bhas hal tsb ???

    BalasHapus
  2. wa'alaikumslm ,
    yg maklum di dlm kitab alfiyyah ibnu malik (lihat syarah2nya )

    menurut imam Suyuthi dlm kitab al-Asbah wan an-Nadhaiir , perbedaan ktiganya hukum ini syaz, nadhir , & doif adlah berikut :

    -Syadz adlh sesuatu yg tidak sesuai dgn hukum Qiyas tnpa memandang bnyk sedikitpun.
    -Nadir adlh lafdh yg sedikit wujudnya meskipun sesuai dgn hukum Qiyas.
    - Dhoif adlh sesuatu yg ketetapan hukumnya masih diperbincangkan.

    maklumat lanjut lihat di kitab hillu al-Ma'qud terdpt jugak bahasnya .

    anta bisa lihat kitab2 tersebut di link ini NAHWU SHOROF = http://read.kitabklasik.co.cc/search/label/.Nahwu

    wallahu'alam

    BalasHapus
  3. Buku ini bagus, namun akan lebih bagus dan lebih praktis, bila langsung dilakukan /dipraktekkan kepada kitab kuning, seperti Abi Syuja' atau Taqrieb, seperti kitab yang cukup terkenal di kalangan santri saat ini adalah kitab MKKT atau Musyawarah Kitab Kuning Metode Thoriqoh yang dusun oleh H. Muhammad muhsin Amir, asal Madura Jawa Timur !

    BalasHapus
  4. afwan ustadz, maksudnya pertanyaan2 tsb dijelaskan dalam kitab2 syarah alfiyah ibnu malik ?
    saya hanya mendengar pertanyaan2 tsb dari guru sewaktu dalam pelajaran. Saya heran, mengapa orang2 yang belajar nahwu-shorof harus terus diajukan pertanyaan2 tsb ?
    Padahal, seseorang yang bisa menjawab lancar pertanyaan2 tsb saat disuruh untuk membaca kitab gundul itu tidak bisa membaca. Berbeda halnya dengan seseorang yang tidak bisa menjawab, saat disuruh untuk membaca kitab gundul itu hasilnya dengan lancar bisa membacanya.
    Ada apa dengan hal ini ? Sebenarnya fakta tsb saya dapatkan saat teman2 saya yang dari pesantren kota (Surabaya) studi atau mondok di pesantren desa (Kediri).
    Jazakalloh atas jawabannya ustadz......

    BalasHapus
  5. Saya punya kitab cara baca kitab kuning cepat bernama Musyawarah Kitab Kuning Metode Thoriqoh (MKKT) dan Kitab cara cepat baca kitab kuning tepat bernama MANZILAH.

    BalasHapus
  6. iNGIN BELAJAR CEPAT MEMBACA DAN MEMAHAMI KITAB KUNING ? COBABACA BOLOG SIBAWIHI.BLOGSPOT.COM ATAU JEJJAKNAHWUSHORROF.BLOGSPOT.COM ATAU DADDUWIBLOG. ATAU ANEKAMETODE@JIMDO.COM ATAU BUKA SAJA METODETHORIQOH.COM KEMUDIAN HUBUNGI DRS. H. MUHAMMAD MUHSIN AMIR VIA Hp. 081999910077

    BalasHapus

Anda Mungkin Menjejakinya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...